fbpx
apa itu cipm

30 Mar 2021

Apa Itu Certified International Project Manager (CIPM)?

Apa itu CIPM? – Setiap proyek pekerjaan tentu memerlukan seorang project manager untuk memastikan tiap-tiap proses berjalan dengan lancar sesuai dengan target.

Tanpa seorang project manager, suatu proyek pekerjaan bisa saja tak berjalan sesuai dengan requirement yang ditentukan, seperti selesai tidak tepat waktu, overbudget, flow procution yang salah, penempatan personal yang tidak tepat, kesalahan melakukan analisa masalah dan pengambilan keputusan atau lain sebagainya.

Dari penjelasan singkat diatas, bisa dikatakan posisi project manager memegang peran yang sangat penting di perusahaan.

Bisa kita bayangkan apa yang akan terjadi jika proyek perusahaan dipegang oleh project manager yang tidak kompeten. Tentu bukan hanya merugikan perusahaan secara finansial saja, namun juga nama baik perusahaan akan jatuh.

Project manager yang diakui kompetensinya harus memiliki sertifikasi CIPM (Certified International Project Manager).

Kali ini kita akan menilik apa sebenarnya pengertian dari project manager, apa saja peran dan fungsinya, dan mengapa sertifikasi CIPM sangat penting bagi seorang project manager.

Apa Itu Project Manager

apa itu cipm

Project manager adalah seorang yang memegang tanggung jawab dalam suatu proyek pekerjaan /perusahaan.

Project manager memegang posisi sebagai leader dari pelaksanaan proyek. Oleh karenanya tak heran jika banyak yang mengatakan kesuksesan suatu proyek itu sangat ditentukan oleh project manager-nya.

Apa Tugas Project Manager

apa itu cipm

Tugas seorang project manager bisa dibagi menjadi 3, yaitu:

  1. Project on Scope

Project manager harus memastikan bahwa setiap tahapan yang dilakukan mulai dari awal hingga akhir pelaksanaan proyek itu sesuai dengan kesepakatan/requirement awal klien. Requirement ini dapat terpenuhi jika seorang project manager mampu memetakan sumberdaya yang ada, dan menempatkannya sesuai pos yang dibutuhkan. Fungsi dan tugas ini termasuk juga mengatur alur kerja projek.

Project manager dituntut untuk membuat road map dan grand design pekerjaan projeknya, agar pekerjaan dapat terselesaikan sesuai target waktu, target anggaran, dan target lainnya untuk memenuhi permintaan klien.

Jika seluruh tim sudah bekerja dengan baik, namun ternyata hasilnya tidak memuaskan klien, maka tentu projek itu menjadi sia-sia. Jadi project manager memegang peran penting dalam memastikan segala aktivitas timnya sesuai dengan apa yang diinginkan oleh kliennya

  1. Project on Time

Sebelum proyek dilaksanakan, project manager harus melakukan pemetaan apa-apa saja yang harus dikerjakan oleh masing-masing timnya tiap harinya dan berapa lama waktu dari pengerjaannya.

Tujuannya adalah agar project manager bisa mengetahui apakah proses penyelesaian proyek bisa dilakukan tepat waktu atau tidak.

Untuk menunjang tujuan on time tersebut maka project manager harus menentukan alat dan teknik apa saja yang akan digunakan yang paling efektif dan efisien.

  1. Project on Bugdet

Tidak boleh kurang, tidak pula berlebih. Seorang project manager yang kompeten harus memiliki perencanaan yang matang terhadap alokasi penggunaan budget timnya.

Jika perencanaan penggunaan dana proyek adalah 1 Triliun, maka diakhir penyelesaian proyeknya pun harus total pengeluarannya harus 1 Triliun

Pengertian dan Pentingnya Certified International Project Manager

Certified International Project Manager (CIPM) adalah sertifikasi kompetensi tingkat internasional yang diberikan kepada seorang sebagai pengakuan kredibilitasnya bekerja pada bidang manajemen projek atau sejenisnya.

Seorang yang memiliki CIPM berarti telah memiliki pemahaman, kemampuan analisis, dan pengelolaan data yang telah diakui dalam dalam proses pengambilan keputusan. Sehingga bagi seorang project manager memiliki CIPM akan meningkatkan daya saing dan kredibilitasnya di mata perusahaan.

Dimana mendapatkan CIPM?

AHS Manajemen adalah lembaga pelatihan dan sertifikasi yang telah memiliki legalisasi untuk mengeluarkan sertifikasi profesi di Indonesia.

AHS Manajemen telah bekerja sama dengan AAPM (American Academy of Project Management), suatu lembaga akreditasi internasional yang berkedudukan di Amerika Serikat, untuk menyelenggarakan uji sertifikasi CIPM.

Sertifikasi profesi AAPM ini sudah diakui lebih dari 150 negara di dunia termasuk di Indonesia, sehingga memiliki sertifikasi tersebut akan sangat berguna untuk menambah nilai daya saing seseorang di dunia kerja. Klik Disini untuk informasi lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Butuh Bantuan? Chat kami