apa itu cma

30 Mar 2021

Apa Itu Certified Marketing Analyst (CMA)?

Apa itu CMA – Untuk memenangkan persaingan bisnis, kita harus mampu mengamati, menganalisa, dan menetapkan strategi jitu pada kondisi pasar yang ada.

Membuat strategi pemasaran tanpa memahami dan menganalisis kondisi pasar merupakan kesalahan yang fatal. Perusahaan bisa salah menargetkan produk jualannya kepada orang yang tidak membutuhkan produk tersebut.

Oleh karena itulah diperlukan seorang marketing analyst.

Memilih seorang marketing analyst yang tepat akan lebih baik jika ia telah tersertifikasi, agar perusahaan tidak salah dalam membidik target pasar dan menentukan strategi pemasarannya.

Apa Itu Marketing Analyst

 

apa itu cma

Dilansir dari Glassdoor.com, marketing analyst adalah suatu profesi yang bertanggung jawab untuk mempelajari kondisi pasar dengan tujuan menilai seberapa besar potensial dari penjualan produk dan jasa bisnis. Analisa pasar ini perlu dilakukan untuk menghindari adanya ilusi dalam berbisnis, yaitu melayani konsumen yang tidak memberikan benefit jangka panjang.

Mengetahui potensial dari suatu produk/jasa yang akan dijual sangatlah penting. Perusahaan tentu saja tak ingin menghabiskan jutaan bahkan triliunan rupiah hanya untuk biaya pemsaran  produk yang kurang diminati oleh konsumennya, bukan?

Apa Tugas Marketing Analyst?

apa itu cma

Tugas utama dari seorang marketing analyst adalah mempelajari situasi pasar untuk menentukan strategi pemasaran perusahaan. Namun jika dijabarkan, maka tugas-tugas dari seorang marketing analyst adalah:

  1. Menentukan produk apa yang paling diminati oleh pasar
  2. Menentukan pricing produk/jasa yang paling sesuai dengan target pasar
  3. Menentukan lokasi pendistribusian produk/jasa yang paling pas
  4. Mengumpulkan, memetakan dan menganalisa data terkait kompetitor dan tren pasar

Tentu empat poin diatas belum mencakup seluruh tugas dari seorang marketing analyst. Namun setidaknya anda telah mendapatkan gambaran dasar dari apa yang menjadi tanggung jawab seorang marketing analyst

Pengertian dan Pentingnya Certified Marketing Analyst

Certified Marketing analyst (CMA) adalah sertifikasi yang diberikan kepada seorang marketing analyst sebagai bentuk pengakuan atas kompetensinya yang telah memenuhi standar industri.

Saat ini, memperkerjakan seorang marketing analyst bersertifikat CMA menjadi sangat penting.

Sudah begitu banyak contoh merek produk yang kalah bersaing bahkan ditinggalkan oleh konsumennya dikarenakan kesalahan dalam menganalisis pasar.

Contohnya adalah perusahaan Uber yang sudah tak terdengar lagi di Indonesia. Uber memiliki sistem dimana ketika sudah sampai di lokasi tujuan, maka akan ada biaya tambahan yang harus dibayar. Berbeda dengan Grab dan Gojek yang membayar persis sesuai dengan di aplikasi.

Sistem Uber inilah yang kurang disukai oleh masyarakat Indonesia. Sehingga Uber pun kehilangan pangsa pasarnya di Indonesia

Jika Uber bisa lebih cermat terhadap kondisi tersebut, mungkin saja Uber saat ini masih bisa bersaing dengan Grab dan Gojek.

Dimana mendapatkan CMA?

AHS Manajemen adalah lembaga pelatihan dan sertifikasi yang telah memiliki legalisasi untuk mengeluarkan sertifikasi profesi di Indonesia.

AHS Manajemen telah bekerja sama dengan AAPM (American Academy of Project Management), suatu lembaga akreditasi internasional yang berkedudukan di Amerika Serikat, untuk menyelenggarakan uji sertifikasi CMA.

Sertifikasi profesi AAPM ini sudah diakui lebih dari 150 negara di dunia termasuk di Indonesia, sehingga memiliki sertifikasi tersebut akan sangat berguna untuk menambah nilai daya saing seseorang di dunia kerja. Kunjungi situs kami di www.ahsmanajemen.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh Bantuan? Chat kami