fbpx
Pengertian balance scorecard

08 Apr 2021

Balanced Scorecard: Pengertian & Manfaat Penggunaannya Bagi Perusahaan

Ada begitu banyak aspek yang perlu dipertimbangkan di dalam merancang strategi kompetitif suatu perusahaan. Mulai dari aspek internal (seperti visi misi perusahaan dan sumber daya manusia perusahaan) hingga aspek eksternal (seperti perilaku konsumen dan tren pasar).

Diperlukan suatu sistem manajemen yang mumpuni agar perusahaan mampu mengelola setiap strateginya sebaik mungkin dimana semua aspek-aspek tersebut bisa saling berintegrasi.

Balanced scorecard adalah salah satu jawabannya.

Balanced scorecard adalah sistem manajemen yang bertujuan untuk menerjemahkan tujuan strategis organisasi ke dalam serangkaian tujuan kinerja yang, pada gilirannya, diukur, dipantau, dan diubah jika perlu untuk memastikan bahwa tujuan strategis organisasi terpenuhi.

Pengertian Balanced Scorecard

Balanced Scorecard merupakan alat untuk memantau keputusan strategis yang diambil oleh perusahaan berdasarkan indikator yang telah ditetapkan sebelumnya dan yang harus menembus setidaknya melalui empat aspek – keuangan, pelanggan, proses internal dan pembelajaran & pertumbuhan.

Salah satu poin kunci dari balanced scorecard adalah memperluas evaluasi kinerja prospek yang selama ini selalu sangat terfokus pada aspek keuangan

Manfaat Balanced Scorecard

  1. Perencanaan strategi yang lebih baik dan terstruktur

Dengan balanced scorecard, perusahaan bisa merancang kerangka kerja yang kuat untuk membangun dan mengkomunikasikan strategi.

Model bisnis divisualisasikan dalam peta strategi yang membantu manajer untuk berpikir tentang hubungan sebab-akibat antara beberapa tujuan strategis yang berbeda.

Proses menciptakan peta strategi memastikan bahwa keberhasilan dalam suatu perusahaan bisa dicapai melalui serangkaian tujuan strategis yang saling terkait. Hal ini berarti bahwa hasil kinerja serta faktor pendukung kinerja diidentifikasi untuk membuat gambaran utuh tentang strategi perusahaan.

  1. Meningkatkan komunikasi strategi dan ketepatan eksekusi

Adanya gambaran strategi secara menyeluruh dan saling terkait tentu membuka peluang bagi perusahaan untuk mengkomunikasikan strategi secara internal dan eksternal.

Dengan balanced scoreboard, setiap divisi dalam perusahaan dipacu untuk berkolaborasi satu sama lain untuk mencapai goals perusahaan yang mana akan berdampak pada sistem kinerja perusahaan yang lebih terbuka dan dinamis

  1. Memudahkan tiap karyawan untuk melihat bagaimana goals individual mereka berkaitan dengan strategi perusahaan

Dikarenakan kerangka kerja yang telah terbangun dengan jelas, balanced scorecard akan membantu tiap karyawan untuk menyelaraskan tujuan mereka dengan goals perusahaan

Karyawan bisa secara mandiri menghubungkan apa yang bisa mereka lakukan untuk kemajuan tim dan perusahaan

  1. Memastikan strategi tetap berjalan pada track-nya

Dengan balanced scorecard, perusahaan bisa mengukur dan memantau perkembangan perusahaan menuju goals. Sehingga jika terjadi sesuatu di luar dari perencanaan perusahaan bisa langsung sigap tanggap untuk mengupayakan bagaimana kondisi bisa terkendali kembali.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Butuh Bantuan? Chat kami